CIRCUS, MONDRIAN, REBUS – MASIH RELEVAN?

Penulis: Surianto Rustan.

Kalau kita Googling jenis-jenis layout desain grafis, rata-rata penjelasannya hampir sama semua, yaitu terdiri dari 10 macam, antara lain: Circus, Mondrian, Rebus, Silhouette, Picture-window, Big-Type, Alphabet-Inspired/Type-Specimen, Copy-heavy, Frame, Multipanel, dkk.

Teori tersebut tidak cuma bertebaran di web, tapi juga diajarkan turun-temurun di kampus-kampus jurusan DKV. Tapi sebetulnya dari mana sih asalnya? Setelah diselidiki, ternyata bersumber dari buku The Design of Advertising karya Roy Paul Nelson yang terbit pertama kali tahun 1967!

Cover & isi halaman buku The Design of Advertising.

Apabila fakta tersebut kita kaitkan dengan perkembangan dunia DKV/desain grafis masa kini, sedikitnya ada 3 hal yang perlu dicermati:

1. BUKU JADUL

The Design of Advertising edisi terakhir (ke-7) terbit tahun 1994, kini sudah tidak diproduksi lagi. Jenis & contoh-contoh layout yang diulas di buku itu adalah iklan-iklan yang keren pada masanya, yaitu tahun 70-an.

MENGAPA PERLU DICERMATI?

DKV/Desain Grafis adalah bidang yang sangat dinamis, layout berkenaan dengan penampilan, ia amat dipengaruhi oleh tren (bukan bersifat tetap seperti teori & prinsip desain).

Berpatokan pada jenis layout & contoh iklan dari buku terbitan setengah abad lalu boleh saja, tapi perlu disesuaikan dengan kondisi masa kini. Lagi pula jenis layout sekarang tidak terbatas, banyak sekali eksplorasi yang sudah dilakukan orang, menghasilkan layout-layout yang keren & cool, contohnya: https://www.adsoftheworld.com

Iklan Chupa Chups di adsoftheworld.com kategori layoutnya belum ada saat buku itu ditulis.

___

2. BUKU UNTUK PERIKLANAN

The Design of Advertising ditulis oleh Roy Paul Nelson sebagai buku panduan mendesain reklame/iklan. Dulu desain grafis/DKV bidangnya masih sedikit, tapi sekarang banyak sekali percabangannya & makin spesifik, apalagi setelah munculnya New Media (contohnya iklan web banner saja sedikitnya ada tiga kategori yang berbeda).

MENGAPA PERLU DICERMATI?

Situs-situs yang menginformasikan layout Circus, Mondrian, Rebus, dkk, hampir semua tidak memberikan catatan bahwa itu jenis-jenis layout untuk iklan. Ini bisa membuat orang (terutama awam & desainer pemula) salah mengerti, dikiranya semua jenis layout itu bisa diterapkan untuk semua jenis desain, padahal belum tentu cocok.

Situs-situs ini umumnya tidak memberi catatan bahwa itu jenis layout untuk iklan.

___

3. DASAR PENGKATEGORIANNYA TIDAK SAMA.

Jika dilihat satu-persatu jenis layout pada buku tersebut, dasar pengkategoriannya berbeda-beda. Ada yang berdasarkan elemen pembentuknya (Copy Heavy, Silhouette, Big Type, Multipanel), ada yang berdasarkan komposisi (Mondrian, Frame, Circus, Alphabet Inspired), ada pula yang sangat khusus (Rebus).

Bahkan beberapa kategori sebetulnya sama, cuma beda elemen saja: Silhouette dengan Frame Window, Circus dengan Rebus.

MENGAPA PERLU DICERMATI?

Pengkategorian yang setara diperlukan agar awam & pemula lebih mudah memahaminya.

___

KESIMPULAN

Desainer boleh saja belajar jenis-jenis layout iklan jadul itu sebagai referensi, tapi penting diketahui bahwa layout jaman sekarang jenisnya banyak sekali (tidak mungkin terwakili hanya oleh 9, 10, atau 12 macam), dan lebih spesifik (contohnya layout web beda dengan iklan majalah).

Para pemula dianjurkan mulai belajar layout dengan Grid dulu. Pembagian jenis grid lebih setara/konsisten & mendasar, serbaguna untuk mendesain apapun, baik iklan, packaging, website, dll.

Beberapa referensi untuk belajar grid:

visme.co/blog/layout-design

vanseodesign.com/web-design/grid-type-examples/

printingcode.runemadsen.com/lecture-grid/

_____

Referensi:

openlibrary.org/books/OL13576753M/The_design_of_advertising

concept.typepad.com/files/layout-stages-and-formats.pdf

openlibrary.org/works/OL4327926W/The_design_of_advertising)

en.wikipedia.org/wiki/Web_banner

_____

Kalau mau share konten ini, baik sebagian maupun seluruhnya boleh saja, asal menyertakan nama penulis & referensi. Terima kasih atas pengertiannya.

2 Replies to “CIRCUS, MONDRIAN, REBUS – MASIH RELEVAN?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *