12 CIRI EKONOMI DIGITAL & DAMPAKNYA BAGI DESAINER (bagian 4, selesai)

Penulis: Surianto Rustan

10. IMMEDIACY

Gambar: Herdetya

Semua serba seketika/real time. Dari mulai membeli secara online, sampai barang fisik diterima konsumen, semua berlangsung dalam waktu singkat. Apalagi kalau produk/servis berbentuk data yang dapat dinikmati live streaming, seperti teks, gambar, suara, atau video/film.

Contoh: nonton film di Netflix, sistem tracking ojek online & pengiriman barang seperti JNE, dll. Hingga industri yang lebih advanced seperti mobil otomatis (tanpa pengendara), dan operasi pasien menggunakan robot yang dikendalikan dari jarak jauh, immediacy harga mati.

Dampak di dunia desain:

– Pola pikir cepat & instan tertanam dalam benak semua orang saat ini, termasuk klien. Desain dianggap sekedar kosmetik yang bisa dibuat secara instan, padahal mendesain butuh waktu untuk berproses & eksplorasi.

– Supaya mendesain lebih cepat, digunakan template logo, layout, dll. Sebuah template yang sama bisa digunakan oleh banyak orang, akibatnya makin banyak desain yang generic/serupa.
___

11. GLOBALIZATION

Gambar: VectorMine

Sistem jaringan global meruntuhkan persepsi mengenai batas-batas negara/wilayah. Bekerja bisa di mana saja, kolaborasi bisa dengan siapa saja di belahan dunia manapun.

Contoh: banyak UKM desa yang mengekspor produknya hingga ke mancanegara, seperti cemilan dari Lamongan, bola dari Majalengka, dan gitar dari Sukoharjo. Juga komikus yang bekerja untuk perusahaan komik dunia, seperti: Chris Lie, Alti Firmansyah, Yasmine Putri, dll.

Dampak di dunia desain:

– Globalisasi membuka mindset desainer untuk membuka peluang ke pasar yang lebih luas di luar negeri, daripada terus bersaing di pasar lokal yang semakin jenuh. Semua dikembalikan ke diri desainer masing-masing.
___

12. DISCORDANCE

Gambar: Art Lebedev Studio

Ini adalah efek negatif dari ekonomi digital. Tekanan untuk pemerataan kekuatan politik & ekonomi makin dirasakan, termasuk isu-isu kekuasaan, privasi, akses, keadilan, kualitas hidup & dunia kerja.

Media sosial membuat area privat & publik menjadi tidak jelas, penyalahgunaan data-data personal makin marak. Keterbukaan informasi membuat komunikasi lintas budaya makin diperlukan

Efisiensi produksi mengganti tenaga manusia dengan mesin, makin banyak pemutusan hubungan kerja. Perbedaan makin besar antara yang terjangkau informasi dan yang tidak.

Dampak di dunia desain:

– Kemajuan dunia digital jelas menjadi tantangan bagi kita semua, karena terjadi banyak sekali perubahan dalam waktu yang sangat singkat. Hanya desainer yang kreatif, cepat belajar & beradaptasi yang bisa survive.

Lihat bagian 1.

Lihat bagian 2.

Lihat bagian 3.
_____

REFERENSI:

The Digital Economy Anniversary Edition, John Tapscott.

medium.com/thrive-global/what-is-the-new-economy-fb3c43854d28

arifhartono.umpo.ac.id/2018/03/05/karakteristik-jaman-ekonomi-digital-ringkasan/

bmtoolbox.net/patterns/sharing-economy/

adataanalyst.com/e-business/difference-disintermediation-re-intermediation-counter-mediation/

disruptionhub.com/industry-convergence/

www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-siklus-hidup-produk-product-life-cycle/3166

en.m.wikipedia.org/wiki/Interactive_design

www.adweek.com/creativity/future-of-retail-nikes-cool-new-toy-lets-you-design-and-print-custom-sneakers-in-an-hour/

_____

Kalau mau share konten ini, baik sebagian maupun seluruhnya boleh saja, asal menyertakan nama penulis & referensi. Terima kasih atas pengertiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.