Bagaimana cara dapat ide? Prinsip2 desain? Apakah perlu skill gambar?

Sahertian DG

asalamualikum
bpa saya jga pngn kya bpa jdi desainer
wah pa kehormatan bwtt sya klo sya bsa berguru sma bpa
bku bpa bgus2 sya udah bca 3 bku’a
cba sya bsa lngsng di ajarin sma bpa
mungkin sya bsa ahli graphic design jga [:)]

Sahertian DG
June 8
asalamualikum pak maaf pak saya mengganggu

Surianto Rustan
June 8
halo

Sahertian DG
June 8
halo juga pak

Surianto Rustan
June 8
santai, ini juga nyambi2

Sahertian DG
June 8
pak saya boleh bertanya ??

Surianto Rustan
June 8
silahkan..

Sahertian DG
June 8
pak saya ingin sekali jadi desainer gravis tapi kata guru saya imajinasi saya kurang tajam, bagai mana ya pak biar imajinasi saya bisa lebih tajam lagi sebagi desainer gravis

Surianto Rustan
June 8
kamu sekolah atau kuliah?

Sahertian DG
June 8
saya masih kelas 1 smk pak

Surianto Rustan
June 8
ok sip

Sahertian DG
June 8
cara bapak mendapat imajinasi bagai mana si pak ? bis buku” bapak ide kreatifnya kren-kren

Surianto Rustan
June 8
sebelum saya jawab yg itu, saya mau bilang dulu nih: dalam desain grafis, banyak sekali sub-sub bidangnya. misalnya visual branding, periklanan, kemasan / packaging, dan juga ada sub2 keahlian khusus, misalnya ilustrasi, tipografi, fotografi, dll.

Sahertian DG
June 8
berarti semua’a berpatokan ama prinsip dasar desain ya pak

Surianto Rustan
June 8
ada sub-sub keahlian yg memerlukan banyak sekali imajinasi, tapi ada juga yang butuh banyak sekali keahlian crafting, misalnya jago make komputer, jago ilustrasi, gambar komik, dll.

Sahertian DG
June 8
wah pak saya minder kalau soal gambar pak, skill saya buat gambar 0

Surianto Rustan
June 8
jadi dlm desain grafis, ada org2 yg dibutuhkan konsep2 pemikirannya, ada juga org yg dibutuhkan khusus keahliannya dlm mewujudkan konsep2 tersebut menjadi bentuk2 kongkrit, seperti ilustrator, kartunis, fotografer, dll.

Sahertian DG
June 8
alhamdulilah pak kalau soal teknik saya insya allah cukup cakap sama illustrator dan photoshop juga teman-teman adobe lainnya

Surianto Rustan
June 8
bukankah imajinasi memang diperlukan oleh siapa saja, tidak hanya desainer. tapi tenang saja, itu bisa ditingkatkan koq dengan latihan2 keras dan memperbanyak jam terbang.
sebentar saya jawab satu2 ya

Sahertian DG
June 8
aduh maaf pak

Surianto Rustan
June 8
iya, sebelum kamu tanya lagi, saya mau pilah dulu pertanyaan2mu supaya kamu dan sayanya ga bingung.
saya lihat sudah ada 3 pertanyaan berbeda:

Surianto Rustan
June 8
1. bgmn cara dapat imajinasi
2. prinsip2 desain
3. skill gambar

Surianto Rustan
June 8
mohon jgn dipotong dulu ya :)))

Sahertian DG
June 8
ok pak saya siap menanti jawaban’a saya minta dijawab nomor 1 dulu deh pak

Surianto Rustan
June 8
1. cara dpt imajinasi mgkn mxdnya cara dapatin ide. itu macam2, bisa dengan: banyak baca buku2 desain, byk nonton film2 yg bermutu, byk dengar musik, byk ke pameran2 seni dan desain, byk ikutan seminar desain dan seni, byk gaul dengan komunitas desainer dan seni, dll. tapi ingat, jgn cuma lihat lalu lupakan, tapi lihat dan pelajari, kalo ga ngerti, cari jawabannya sampai dapat, bisa cari di internet, bisa tanya ahlinya, cari di buku2, tanya pembicara pas seminar desain misalnya, dll. pokoke cari tahu sampai dapat. itu beberapa modal utk dpt ide banyak.

Surianto Rustan
June 8
jadi sebetulnya ide itu bukan dewanya, tapi pengertiannya / pemahamannya itu dewanya.

Sahertian DG
June 8
oh pantes pak saya sampai jungkir balik susah bngt dapet ideimajinasi ternyata saya kurang keluar ruangan

Surianto Rustan
June 8
yg sering salah kaprah di masyarakat adalah seakan2 ide adalah segala2nya, sebetulnya bukan itu. tapi pembelajaran hingga menjadi paham, itu yg membuat kita berkembang. belajarnya ya lewat cara2 tadi (byk baca, nonton, dll)
‘keluar ruangan’ > itu istilah yg super tepat!

Sahertian DG
June 8
siap pak

Surianto Rustan
June 8
desainer hrs gaul!

Sahertian DG
June 8
so pasti pak

Surianto Rustan
June 8
nah, sekarang no 2 ya:

Sahertian DG
June 8
he he si bapak tau aja
ya pak

Surianto Rustan
June 8
dengan belajar memahami prinsip2 dan elemen2 desain sebetulnya kamu memperkaya ide itu sendiri. krn cara lain nyari ide adalah dengan menggali ilmu itu sendiri. krn itu coba baca2 lagi buku2 ttg prinsip2 dan elemen2 desain, di internet byk bgt sumbernya, tinggal pake keywords di google: design principles, atau: design elements

Sahertian DG
June 8
oh bgtu pak
nah pak saya masih penasaran kira” desainer graivs itu perlu gak si skill menggambar tangan ???

Surianto Rustan
June 8
no. 3 tentang skill gambar.
desainer grafis memang perlu bisa menggambar, tapi tidak usah sampai mahir sekali. kenapa perlu? krn ia tugasnya mengkongkritkan ide2. ide2 itu kan abstrak, dan hanya ada di pikiran, nah desainer itu mengkongkritkan yg abstrak itu menjadi suatu yg kongkrit dan bersifat fisik, bisa dilihat, dipegang, dll.

Sahertian DG
June 8
wah pak berarti saya perlu belajar gambar dong ???

Surianto Rustan
June 8
untuk memenuhi tugas mengkongkritkan / mewujudkan ide2 itu, salah satunya dengan menggambar. menggambar adalah menuliskan pikiran2 / ide2 kita, sama dengan menulis, cuma menggambar ya memakai gambar2 (+ tulisan, kalau dlm desain grafis).
tp jgn takut, sudah byk bukti bahwa ketrampilan menggambar itu bisa dilatih. saya pny teman g awal kuliah gambarnya super jelek, begitu lulus kuliah gambarnya jadi bagus, itu krn giat latihan. hrs kerja keras! tapi jadi bisa, dan sangat menyenangkan! ga usah tanya saya link belajar menggambar, di internet super banyak!

Sahertian DG
June 8
wah alhamdulilah kesampaian juga bisa berbincang sama bapak, puas saya pak, terjawab semua pertanyaan saya, terima kasih ya pak [:)]
oh ya pak bapak ada pengen ngeluarin buku algi gak ????

Surianto Rustan
June 8
yg terakhir dari saya:
boleh saja orang lain berpendapat kamu kurang imajinasi, tapi mohon jgn ditelan bulat2, jgn dipercaya begitu saja sebelum kamu betul2 berusaha keras mencobanya. saya pernah mengalami, karena sering dibilang bodoh, maka saya jadi bodoh betulan. itu karena saya mempercayai omongan orang itu. setelah saya sadar, saya ternyata selama ini mau saja diperbudak oleh omongan orang. saya katakan: JANGAN MAU!

Surianto Rustan
June 8
itu sumber ‘kematian dini’ kita! sumber ketidak mampuan kita. katakan dalam hati: SAYA BISA! maka itu akan melepaskan segala kutuk dari omongan orang lain. saya katakan kutuk, karena itu bisa membentuk kita seperti maunya dia.

Sahertian DG
June 8
siap pak akan saya ingat benar-benar kata bapak

Surianto Rustan
June 8
sebut semua orang2 top idolamu, mereka itu semuanya mulai dari nol. mungkin sama seperti dengan keadaanmu sekarang ini. tapi dengan kerja keras, lihat apa hasilnya? apapun yg diimpikan tercapai. bila kamu mau keinginanmu tercapai, harus katakan pada dirimu yg super kuat itu: SAYA BISA, lalu mulailah belajar dan bekerja keras. maka jadilah SAYA BISA betulan!

Sahertian DG
June 8
amin ya allah semoga saja saya bisa jadi seprofesional bapak

Surianto Rustan
June 8
buktikan pada semua orang dan orang yg mengatakan bahwa kamu kurang imajinasi, buktikan pada mereka kamu bisa, dan suatu hari kamu dengan bangga mengatakan pada mereka: lihat saya sekarang, kamu dulu salah terka!

Sahertian DG
June 8
ok pak doa kan saya ya pak [:)]

Surianto Rustan
June 8
sip! Pasti Mas Sahertian! kita saling mendoakan ya [:)] nah, apalagi kita orang2 yg bertakwa dan berdoa, berkat Tuhan pasti turun deras bagai hujan tak berhenti

Sahertian DG
June 8
oooo pasti pak ayo pak kita buat kalau desainer grafis indonesia juga sama hebat’a seperti orng-orng luar

Surianto Rustan
June 8
btw malam2 jadi kotbah nih [:)] ngomong2 sbg tambahan boleh juga mampir lihat2 tulisan saya tentang desain grafis di: dgi-indonesia/bukamata, dan di blog saya: surianto.wordpress.com/category/klinikonsultasi-2/
Dokumentasi tanya jawab seputar desain grafis yang dicuplik dari Fb Surianto Rustan, supaya makin banyak orang paham tentang Desain Grafis. Catatan: beberapa informasi sengaja tidak dicantumkan untuk alasan kenyamanan penanya.

Sahertian DG
June 8
wah makasih pak, untung bapak kasih tau saya butuh bngt nih

Leave a Reply

Your email address will not be published.