Macet saat Mendesain?

Maria Arum
selamat malam Pak Rustan,
sebelumnya terima kasih karna bapak sudah confirm saya [:)]
perkenalkan saya Arum, saya mahasiswi dkv…
begini pak, ada hal yang membuat saya bingung setiap mau membuat desain, apa boleh saya meminta nasehat bapak tentang hal ini?

Surianto Rustan
March 3
silahkan Mba Arum, dengan senang hati saya menjawab sejauh pengetahuan saya.

Maria Arum
March 4
terima kasih pak…
saya sudah pernah baca…kalau dalam membuat desain kita harus tau dulu apa masalahnya, apa pesan yang ingin disampaikan, baru kita memvisualkan pesan yang sesuai dengan karakter target…jadi bukan asal bikin
nah, dalam mengerjakan tugas, misal membuat poster, saya sudah coba mengikuti langkah2 itu…tapi kok tetep merasa kesulitan di bagian memvisualkan pesan ya pak?
sudah corat/e di kertas ttg permasalahan, trus pesan yang ingin disampaikan, tapi masih macet di bagian mendesainnya,
kenapa bisa gitu ya pak.. apa pengetahuan saya masih kurang, kurangnya kemampuan saya di bidang desain, atau bagaimana ?

Surianto Rustan
March 8
apa sudah idea brainstorming? membuat semacam brainstorming secara verbal dulu sebelum ke visual, jaid misalnya setelah interview dgn klien dapat keyword: bersahabat, nah, dari situ dikembangkan: bersahabat > salaman > pelukan > dempet > saling berhadapan > akrab > anak2 > teman > main > lari2an > permainan tradisional > jawa tengah > dolanan > senang > tertawa > dll. Ini dikembangkan dlm bentuk mind-mapping (spt pohon yg bercabang2, atau berbentuk linear seperti contoh di atas. terserah enak yg mana. nah itu kan baru dari satu kata, nah kata lainnya bisa dikembangkan gitu juga, akhirnya didapat perbendaharaan verbal yg banyak sekali. dari situ baru kata2 yg kayaknya potensial dibikin sketsanya, bisa juga sketsa tsb merupakan bentuk gabungan dari beberapa keywords tsb.
jadi mxd saya jgn langsung masuk ke visual, tapi verbal dulu, mudah2an bisa membantu.

Maria Arum
March 11
oh gitu ya pak…oke saya coba..
makasih atas sarannya [:)]

Leave a Reply

Your email address will not be published.