ULASAN BUKU: THIS MEANS THIS. THIS MEANS THAT

Penulis: Sean Hall.
Penerbit: Laurence King Publishing.
Tahun: 2012.
Ukuran 7.4 x 0.6 x 10.2 inch.
Jumlah halaman: 192.
ISBN-10: 1856697355.
ISBN-13: 978-1856697354.

Penulis ulasan: Surianto Rustan.
___

Mengapa mempelai duduknya selalu di tengah pelaminan? Bagaimana menerangkan rasa gurih? Apakah dangdut hanya sebuah genre musik?

“Ngapain sih ditanyain?”. Untuk sebagian orang, ini dianggap sangat sepele, sampai-sampai tidak perlu dijawab lagi. Tapi apabila “posisi di tengah”, “lebih gurih”, “dangdut” dikatakan oleh politikus/ditayangkan di iklan/ditulis oleh pengamat musik, maka kata-kata yang tadinya dianggap sepele itu bisa jadi berdampak sosial.

Semiotika menjadi alat untuk mengulik objek, gambar, teks, dan segala sesuatu apapun yang bisa diartikan berbeda. Buku ini memperkenalkan Semiotika melalui 76 objek, gambar, dan teks, yang masing-masing mewakili konsep dasarnya.

Para akademisi, terutama di ranah desain dapat menggunakan buku ini untuk mendapatkan ide contoh-contoh kasus yang berhubungan dengan berbagai konsep dasar semiotika (visual). Bisa juga sebagai referensi untuk mencari sumber-sumber lanjutan untuk penelitian.

Dan yang pasti, buku ini akan membuka pemahaman kita akan luasnya cakrawala semiotika, sehingga tidak cuma tahu sebatas Icon, Symbol, dan Index saja.😜

_____

Kalau mau share konten ini, baik sebagian maupun seluruhnya boleh saja, asal menyertakan nama penulis & referensi. Terima kasih atas pengertiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *