ULASAN BUKU: VISUAL THESAURUS

Penulis: Chris Goveia, Hatmaker.
Penerbit: Rockport Publishing.
Tahun: 2003.
Ukuran 5.2 x 1 x 8.2 inch.
Jumlah halaman: 312.
ISBN-10: 1564968944.
ISBN-13: 978-1564968944.

Penulis ulasan: Surianto Rustan.

___

Mainan seorang desainer adalah tulisan dan gambar, dan salah satu tahap paling sulit dalam permainan itu adalah pada saat menerjemahkan tulisan/kata-kata kunci (verbal) menjadi gambar (visual).

Untuk mengatasinya, desainer bisa membuat sendiri alat bantu yang populer bernama Moodboard (kolase objek, warna, tulisan, dll) ataupun Morphological matrix (tabel berisi gambar-gambar yang berhubungan dengan kata-kata kunci).

Tapi kedua alat bantu itu tidak bisa memberikan clue/petunjuk bentuk visual apa yang cocok, misalnya untuk kata “terhormat”, atau “kenyamanan”. Desainer tetap harus memikirkannya sendiri, alat bantu tapi tidak bisa membantu. 😵

Missing link ini pernah dijawab oleh sebuah buku lama terbitan Rockport tahun 2003 berjudul Visual Thesaurus. Tiap halaman buku itu berisi sebuah kata kunci dan beberapa gambar/icon/foto, alternatif visual dari kata kunci tadi.

Buku ini bisa memberi ide-ide visual secara instan melalui lebih dari 250 kata kunci yang sering ditemukan di creative brief. Berguna terutama saat desainer dikejar deadline, atau terkena idea block (“ngga ada ide”).

Walaupun sudah lama terbit, tapi buku ini masih bisa didapatkan di toko-toko buku online. Selamat berburu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.