ULASAN FILM: I AM MOTHER

Genre: scifi/drama/thriller
Tahun: 2019
Negara: Australia, AS.

Penulis: Surianto Rustan
___

Tak butuh waktu lama untuk meyakinkan diri bahwa ini film keren! Ketiadaan sosok manusia sejak awal cerita, digantikan dengan sosok robot beserta 36.000 koleksi embrio dalam wadah-wadah kaca, makin menyadari kegilaan imajinasi dalam film ini.

Sebelum punah dari muka bumi, manusia rupanya telah memprogram sebuah robot dengan kecerdasan buatan yang dinamakan “mother” untuk “menetaskan” embrio-embrio & merawatnya hingga dewasa, dengan harapan manusia akan kembali memenuhi bumi.

Masalahnya, mother tidak sekaligus “menetaskan” & memelihara semuanya, tapi satu-persatu dirawat hingga besar, barulah dipilih yang terbaik. Lalu bagaimana dengan yang tidak baik? Mother membakarnya!

Ungkapan cinta ibu-anak hingga kengerian yang kian memuncak terasa sangat alami & tidak dibuat-buat, juga sarat dengan simbol yang menanti untuk ditemukan maknanya. Film ini sangat cocok untuk orang kreatif yang butuh asupan imajinasi & ide-ide segar.

_____

Kalau mau share konten ini, baik sebagian maupun seluruhnya boleh saja, asal menyertakan nama penulis & sumber bacaan. Terima kasih atas pengertiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.