Konsep dalam desain & bagaimana menjelaskan ke klien soal harga desain?

    Riza Arfian Bahasuan
        siang pak… grin

    Surianto Rustan
    11 hours ago
        halo Mas Riza

    Riza Arfian Bahasuan
    11 hours ago
        lagi sibuk pak? mau ngobrol ngobrol seputar desain nih… (nyolong ilmu) hehe

    Surianto Rustan
    11 hours ago
        silahkan, tapi saya nyambi ya

    Riza Arfian Bahasuan
    10 hours ago
        yang dimaksud dengan konsep desain itu seperti apa ya pak? apakah seperti makalah, coret sketsa awal desain atau apa ya?

    Surianto Rustan
    10 hours ago
        istilah konsep sgt luas, tapi umumnya mengarah pada: segala proses yang dilakukan sebelum mendesain dan produksi.
        pada intinya ada 3 tahap mendesain: 1. riset, 2. strategi, 3. mendesain (kalo di desain grafis: mendesain visual)
        nah konsep itu adalah poin 1 dan 2.

    Riza Arfian Bahasuan
    10 hours ago
        ooo, paham paham… grin

    Surianto Rustan
    10 hours ago
        tp ada juga pada tahap desain visual hrs dibuat lagi konsep visualnya, nah jd intinya konsep ini adalah pra-desain

    Riza Arfian Bahasuan
    10 hours ago
        misalnih, ada klien, ketika brief sudah diisi, kemudian, kita (desainer & tim) melakukan riset, menyusun strategi (konsep), dan kemudian riset dan strategi itu yang dipresentasikan ke klien sebagai konsep ya pak?
        konsep visual itu sperti sketsa awal ya?

    Surianto Rustan
    10 hours ago
        iya, bisa dikatakan begitu. kl saya sih tidak suka pakai kata konsep, krn sifatnya umum sekali, tidak spesifik. kalo saya akan bilangnya: “Pak ini hasil riset yang sdh kami analisa, lalu kami jadikan landasan strategi yg kami ambil sebelum mendesain”. jadinya spesifik.

    Riza Arfian Bahasuan
    10 hours ago
        iya juga ya, kalau konsep visual itu seperti sketsa diatas kertas ya?

    Surianto Rustan
    10 hours ago
        iya, betul Mas

    Riza Arfian Bahasuan
    10 hours ago
        mmm, berarti selama ini saya baru menggunakan konsep visual saja…

    Riza Arfian Bahasuan
    9 hours ago
        mau tanya lagi, tapi bingung mau tanya apa, hehe, btw, trimakasih pak atas kucuran ilmunya…
        ^.^

    Riza Arfian Bahasuan
    9 hours ago
        semangat siang! grin

    Surianto Rustan
    about an hour ago
        silakan tanya saja Mas, pasti saya jawab kalo pas online

    Riza Arfian Bahasuan
    51 minutes ago
        oia, pak, gmana ya jelasin ke klien knp desain itu harganya puluhan ribu…
        soalnya saya udah berusaha jelasin, ujung ujungnya kalau ga’ ditawar jaauuuuh sekali, ya sya good bye…
        (bahkan ada yang bilang “lho mas, biasanya saya ga’ pakai harga desain”) itu yang bikin gimana gitu…

    Surianto Rustan
    44 minutes ago
        kalo saya selalu mengusahakan harus temu muka dengan klien. biasanya miting ke kantornya. saya bersikap sbg konsultan, saya yg tau desain itu apa, siapa itu desain grafis, bagaimana itu proses desain. tapi semua itu tidak dipaksakan ke klien kalau mereka tidak mau tahu. yang pasti dlm miting awal tsb saya hrs tau siapa si klien itu, dengan menanyakan secara rinci siapa mereka, apa produknya, servicenya, siapa pesaingnya, siapa konsumennya, sejarah perusahaan, manajemen, cabang, agen, distributor, dll, setelah kira2 ckp lengkap, saya minta ijin memperkenalkan diri

    Surianto Rustan
    44 minutes ago
        ini bagian yg penting: memperkenalkan diri.
        di sini saya memperkenalkan siapa saya, visi misis saya, apa yg saya kerjakan, siapa klien yg pernah saya servis, produk dan jasa saya, metode kerja saya, parter kalau ada, kantor, dll
        dan protfolio, hasil kasya yg pernah dibuat.

    Riza Arfian Bahasuan
    37 minutes ago
        waw, seperti itu yaa…
        siap pak! akan saya praktikan segera…
        (^.^)7

    Surianto Rustan
    28 minutes ago
        O iya, perkenalan diri saya ini dalam bentuk powerpoint, jadi terlihat secara visual, boleh juga kalau ada karya jadinya. dengan melihat dengan visual dan penjelasan lisan, maka klien ada gambaran siapa diri saya, “ooo ini orang ternyata bukan desainer di tempat fotokopi / digital printing”, “ooo ini orang kerja pake konsep”, ooo desain ada langkah2 kerjanya ya, ternyata pake riset ya, ternyata ga cuma visual semata, ternyata ga cuma masalah selera ya”

    Surianto Rustan
    27 minutes ago
        nah, masalahnya apa desainer itu tau desain grafis itu apa? bagaimana mau menjelaskan ke klien kalau desainernya sendiri tdk tau? jadi supaya dianggap ahli, saya sendiri harus tau siapa saya dan apa yg saya kerjakan ini.
        untuk itu apa mungkin sudah baca ini: http://dgi-indonesia.com/bukamata/
        setelah mengetahui siapa klien dan apa kebutuhannya, serta memperkenalkan diri, barulah boleh bicara harga

    Riza Arfian Bahasuan
    9 minutes ago
        wah, selama ini belum sejauh dan sedalam itu informasi yang saya berikan ke klien, ga’ heran klu banyak yang gimana gitu ya…

    Surianto Rustan
    7 minutes ago
        iya, krn mereka belum kenal siapa kita, terutama kitanya sendiri belum terlalu kenal diri kita
        maklum saja kalau mereka beraninya harga murah
        btw apakah saya boleh upload percakapan ini ke blog saya surianto.wordpress.com? supaya makin byk org yg turut paham

    Riza Arfian Bahasuan
    5 minutes ago
        sangat boleh sekali pak… grin
        sangat menginspirasi…

    Surianto Rustan
    5 minutes ago
        baik kl bgt, terima kasih Mas Riza atas kesediaannya smile

    Riza Arfian Bahasuan
    4 minutes ago
        btw saya jadi ingat sebuah kata Erwin Aksa dalam sebuah seminar yang saya hadiri, “Profesional itu dimulai dari diri sendiri”…
        seorang profesional memang harus benar benar memahami apa yang dilakukannya, dan profesional memang pantas dibayar mahal…
        #kesimpulan grin