Istilah Editor dalam bidang desain grafis

Tips untuk logo restoran atau franchise
May 16, 2012
Apa saja syarat corporate identity? Isi Graphic Standard Manual (GSM)?
May 16, 2012

Istilah Editor dalam bidang desain grafis

Ai JanuArt
Halo apa kabar
Apa kabar pak Surianto? Udah lama temenan di FB tapi baru sekali ini menyapa. Hehe… Sebelumnya saya mau terima kasih, saya punya satu buku pak Surianto yg tentang Logo. Bukunya sangat bagus. Membantu sekali. Jadi semacam kitab suci desain logo hehe…
Sebetulnya ada yg mau saya tanyakan. Saya ini awam di bidang seni grafis dan desain grafis. Tapi saya punya minat yg cukup besar di dunia ini. Itulah kenapa saya beli buku “Mendesain Logo” (buku lain belum kebeli hehe).
Begini pak, saya sering upload karya ke fb dengan harapan ada yg kasih kritik & saran dari para ahli. Kadang ada juga orang awam (seperti saya) yg ikutan komen kira2 begini
“Editan lu keren juga bro”. Atau
“Gua juga mau dong foto gua dieditin kaya gitu”.
Pernah juga liat ada forum yg menamakan dirinya “xxx editor” isinya berupa artwork. Hampir tiap hari ada artwork baru. Dan yg komen isinya kebanyakan seperti yg saya tulis diatas.
Pertanyaan saya. Tepatkan istilah “edit” untuk sebuah kegiatan desain atau pembuatan artwork grafis dan istilah “Editor” untuk orangnya??
Mengingat istilah edit juga ada di dalam proses desain. Bahkan menu edit pasti ada di (hampir) semua software grafis.
Itu saja pak. Mohon maaf kalau kepanjangan & merepotkan hehe. Terima kasih [:)]

Surianto Rustan
April 17
halo Mas Ai JanuArt, saya jawab sepanjang pengetahuan saya yang terbatas ini ya: istilah edit sangat umum, tidak eksklusif di bidang desain grafis saja, tapi juga ke area literatur, jurnalistik, informasi teknologi, dll. Jadi apabila saya melakukan seperti yang Anda lakukan, lalu saya menyebut diri saya editor, itu sah-sah saja menurut saya, namun ini hanya di area sempit dan personal, yaitu saya sendiri dan mungkin teman2 yang kenal saya, tapi untuk sampai ke area publik, masyarakat taunya editor itu ya itu tadi, ada yang taunya editor surat kabar, HTML editor, mengedit surat, dll.
Itu sejauh pengetahuan saya.
Suxeselalu Mas Ai [:)]

Ai JanuArt
April 22
Oh gitu. Ok deh makasih yah pak Rustan [:)]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *