BUKAMATA #2: Lapangan Pekerjaan Desainer Grafis (DKV)

Oleh FDGI – Surianto Rustan

Bagi Desainer Grafis yang tertarik bekerja di suatu lembaga / perusahaan, di bawah ini adalah beberapa lapangan pekerjaan yang dapat menjadi pilihan.

Perusahaan Periklanan / Advertising Agency

Aktivitas yang berhubungan dengan desain grafis dalam periklanan: merancang strategi komunikasi sebuah merek, me-layout iklan di berbagai media (contoh: majalah, surat kabar, billboard, website, TV), fotografi, tipografi, ilustrasi.

Dalam bidang ini biasanya desainer grafis bekerjasama dengan creative director, art director, copywriter, fotografer dan illustrator.

Creative Director: kepala tim kreatif dimana Art Director dan Desainer Grafis termasuk di dalamnya,
Art Director: pengarah segi design, umumnya dipegang oleh seorang berlatar belakang pendidikan desain grafis.
Copywriter: penulis naskah / konten berupa teks, yang bertujuan untuk promosi / informasi.

Branding Agency / Branding Consultant

Aktivitas yang berhubungan dengan desain grafis dalam branding: merancang strategi identitas dan komunikasi serta visual brand, merancang logo dan identitas lainnya, membuat buku pedoman identitas, menerapkan logo dan identitas visual lainnya ke dalam berbagai media. Contoh: dari kartu nama, kop surat, website, sampai ke desain produk dan kemasan (packaging), seragam karyawan, interior, arsitektur, mobil, pesawat terbang).

Dalam bidang ini biasanya desainer grafis bekerjasama dengan: tim konsultan branding / branding expert yang terdiri dari ahli riset, bisnis, marketing, sosial budaya dan lainnya, juga dengan tim visualisasi / implementasi: copywriter, fotografer, illustrator,  programmer, desainer interior, arsitek, kontraktor, desainer produk, dan berbagai pihak lain.

Desainer grafis yang menekuni bidang ini biasa disebut dengan desainer branding.

Graphic Design Agency / Graphic House

Aktivitas yang berhubungan dengan desain grafis di Graphic Design Agency hampir sama dengan branding agency, bedanya ruang lingkup Graphic Design Agency biasanya lebih spesifik. Masing-masing agency memiliki fokus keahlian, misalnya di bidang desain kemasan / packaging, desain komunikasi perusahaan, desain publikasi, desain promosi, desain multimedia, desain web dan lainnya.

Perusahaan Penerbitan / Publication Company

Aktivitas yang berhubungan dengan desain grafis dalam bidang penerbitan: merancang strategi komunikasi maupun visual berbagai media (contoh: buku, majalah, tabloid, surat kabar), me-layout cover dan isi, fotografi, tipografi, ilustrasi, infographic. Juga merancang materi promosi media tersebut: brosur, poster, iklan, banner, dan lain-lain.

Dalam bidang ini biasanya desainer grafis bekerjasama dengan penulis, copywriter, fotografer, illustrator.

Percetakan & Digital Printing

Aktivitas yang berhubungan dengan desain grafis di Percetakan umumnya: mempersiapkan desain mentah dari klien menjadi siap cetak, antara lain: mengoperasikan software dan hardware dalam kaitan dengan warna, font, film, pelat, kertas, dan lain-lain.

Dalam bidang ini biasanya desainer grafis bekerjasama dengan operator mesin, pihak perusahaan kertas.

Saat ini, antara jenis instansi dan area pekerjaannya semakin tidak jelas batasannya, misalnya banyak advertising agency yang juga menerima pekerjaan logo atau percetakan yang menerima pekerjaan mendesain iklan.

Web / Software Development Company

Aktivitas yang berhubungan dengan desain grafis dalam bidang web dan interface design: merancang konsep, struktur, navigasi, dan penampilan situs web, blog, software, information kiosk, mesin ATM, dan lainnya. Contoh: desain halaman web, banner, button, animasi flash, dan lain-lain.

Dalam bidang ini biasanya desainer grafis bekerjasama dengan copywriter dan programmer.

Perusahaan Film & Stasiun TV

Aktivitas yang berhubungan dengan desain grafis dalam bidang perfilman & TV: merancang konsep visual, story board, title & credits, special effect, trailer, juga properti, stage design (background dan panggung), sampai materi promosinya: poster film, iklan, spanduk dan lainnya.

Dalam bidang ini biasanya desainer grafis bekerjasama dengan produser, sutradara, penulis naskah, kontraktor dan berbagai pihak lain.

Game Development Company

Aktivitas yang berhubungan dengan desain grafis dalam bidang Game: merancang konsep, peraturan dan sistem game, karakter, setting lingkungan, sampai materi promosinya: poster film, iklan, spanduk dan lainnya.

Dalam bidang ini biasanya desainer grafis bekerjasama dengan produser, sutradara, penulis naskah, programmer, interface designer, animation designer, sound designer, dan lain-lain.

Di perusahaan manapun

Desainer grafis dapat bekerja sebagai karyawan tetap di perusahaan manapun yang memerlukan jasanya. Contohnya di Bank, biasanya membutuhkan desainer untuk merancang formulir-formulir, desain kartu ATM dan kartu kredit, surat-surat tagihan dan amplopnya, brosur, iklan, poster untuk produk, dan lain-lain.

Di tempatnya bekerja, desainer grafis bekerjasama dengan berbagai departemen dalam perusahaan itu.

Di lembaga pendidikan

Desainer grafis dapat meniti karier di lembaga-lembaga pendidikan, baik sebagai pengajar tetap maupun paruh waktu. Terutama di jurusan yang biasanya berkaitan dengan desain grafis, contohnya: Desain Komunikasi Visual, Ilmu Komunikasi, Teknologi Informatika.
………………………………….

KLIK DI SINI untuk men-download artikel di atas dalam format PDF.
Silahkan disebarluaskan lewat e-mail, milis, di attach di blog atau web site, asalkan: 1. selalu mencantumkan sumbernya, 2. tidak mengatasnamakan orang lain, 3. konten sesuai aslinya (dilarang mengubah, menambahkan, mengurangi).
Beberapa tips:
• Bagi desainer: download dan kirimkan artikel-artikel Bukamata pada atasan atau klien Anda, agar mereka mendapat gambaran tentang desain grafis secara berimbang.
• Bagi calon mahasiswa dan orang tuanya: untuk memutuskan pilih kuliah jurusan apa, daripada dengar kata orang lebih baik baca dulu artikel-artikel di Bukamata.

Leave a Reply

Your email address will not be published.