Metode mendesain maskot

Submitted on 2013/03/18 at 10:25 am

selamat siang pa Surianto…oh iya pa..aku ada tugas dari dosen…di suru buat maskot…untuk metode perancangan maskot sendiri.langkah-langkah apa saja yg harus di lakukan..terimakasih banyak sebelumnnya pa…
____________________

Submitted on 2013/03/18 at 4:51 pm | In reply to sukri.

Halo Mas Sukri,
Sebelumnya saya minta ijin dulu untuk memindahkan percakapan kita ini ke surianto.wordpress.com, krn klinikdesain.wordpress.com mau saya hapus.

Menjawab pertanyaan tentang metode membuat maskot,
pada dasarnya mendesain apapun, apakah itu logo, iklan, maskot, dll. metodenya sama saja:
1. riset
2. strategi
3. mendesain visual

riset paling mudah pakai 6W1H:
what: untuk keperluan apa maskot ini dibuat?
why: mengapa?
who: siapa / pihak mana yg diwakili oleh maskot tsb?
whom: untuk siapa? (target audiens)
when: kapan?
where: di mana?
how: bagaimana maskot yg diinginkan?

stlh pertanyaan riset terjawab, maka dicari strateginya, misalnya target audiens adalah anak2 SD, maka mungkin menggunakan bentuk2 yang akrab dengan mereka, misalnya bulat2, atau mirip tokoh yg mereka idolakan, dll., di strategi ini ditentukan tdk cuma visual: bentuk, tinggi, ukuran, style / gaya, tp juga suara, tingkah laku, dll.

Setelah dapat strategi, maka bisa ulai mendesain visualnya: mimik wajah, bentuk tubuh, pakaian, warna, tipografi, dll.

Demikian yang saya ketahui, Mas Sukri, mudah2an bisa membantu.

3 Replies to “Metode mendesain maskot”

  1. Maksaih banyak pa tas bimbinganya…oh iya pa.aku mau tax lagi.biasax seorang art director mendapatkn ide kreatifx dari poin2 keberpa setelah mencari USP.suatu produck atau merk.

  2. Halo Mas Sukri,
    Saya kurang mengerti maxud “dari poin keberapa setelah mencari USP…”
    Ide kreatif bisa berwujud apa saja, baik visual, verbal, konsep2, dll. apa bisa diperjelas pertanyaannya, misalnya dalam bentuk kasus?
    Terima kasih.

    1. Maksud sy “mencari USP suatu produck atau merk dengan menganalisa berdasarkan 9P”
      1.Posisioning
      2.People
      3.Problem
      4.Product
      5.Proof
      6.Prioritas
      7.Presentation
      8.Plat form
      9.Promise
      Nah.dari beberapa poin tersebut di atas,poin manakah yg menetukan ide atau gagasan sebuah visualisasi disain.

      Makasih banyak pa sebelumnya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *