Presentasi ke Klien hasil jadinya saja atau sketsa2nya/mindmapping-nya dulu? Bgmn cara membuat hati klien tenang?

Janrico Renaldy Liando
oia pak, lagi sibuk ga?
pengen nanya lagi seputar desain, hehe
(nanya mulu jd ga enak, hehe)
upset

Surianto Rustan
3 hours ago
trims smile silahkan, gapapa koq, malah senang saya

Janrico Renaldy Liando
3 hours ago
tq tq tq
hehe
gini pak
melanjutkan perbincangan kita yg kemarin

Janrico Renaldy Liando
3 hours ago
yg bikin identitas visual manajemen hotel
kan saya udah dpt nih datanya

Surianto Rustan
3 hours ago
iya

Janrico Renaldy Liando
3 hours ago
proeses desain akan saya lakukan
nah yang ingin saya tanyakan
kira2 pas kasih ke klien itu hasil jadinya berikut alternatifnya yg udah ada warnanya
atau sketsanya dulu yang bebentuk thumbnail?
bingung pak, ini kali pertamanya saya
upset
mohon pencerahannya
grin

Surianto Rustan
3 hours ago
presentasinya harus sudah rapi, sudah diedit di komputer. tidak dalam bentuk sketsa. kalau saya biasanya semua alternatifnya dimasukkan ke dlm powerpoint semua lalu dipresentasikan. tiap alternatif disertakan keywords nya masing2. misalnya alternatif A, tulis keywordsnya: friendly, letter A & K, flexible, emphaty, dynamic. alternatif B, keywordsnya: strong, charisma, fist (kepalan tangan), unbreakable, dll.

Janrico Renaldy Liando
3 hours ago
ohhh

Surianto Rustan
3 hours ago
keywords itu bisa menggambarkan bentuknya, sifat/kepribadiannya, harapan2nya, dll.

Janrico Renaldy Liando
3 hours ago
jadi harus dah dalam bentuk pilihan alternatif (yg sudah jd beserta keyword dan keyvisual) nya ya?
sketsa, brainmap gak perlu yah pak?
(gak perlu di presentasikan maksudnya)

Surianto Rustan
3 hours ago
sketsa ga perlu, soalnya Klien sih biasanya ga mao tau smile
sketsa itu urusan desainer
presentasi logo2 tsb sdh beserta alternatif warnanya tapi diinfokan bhw warnanya itu blm fix, tahap memilih warna bisa kemudian. supaya fokus dulu pada bentuknya

Janrico Renaldy Liando
3 hours ago
wiw
MANTAP pak
grin
iya soalnya saya mikir kalo kyk skripsikan ada tahapannya dan itu smua harus di acc dosen pembimbing
hehe
sekarang saya semakin paham apa yang akan saya presentasikan kepada klien
smile

Surianto Rustan
3 hours ago
tahapan pengerjaan desain dari sejak riset, dll itu dipresentasikan di briefing awal, nah kalo sdh mau presentasi desainnya, ga perlu dipresentasikan lagi, kecuali mau mengingatkan klien, “pak setelah ini kita akan berlanjut pada tahap berikutnya, yaitu..” semuanya agar klien ngerti arah pekerjaan ini, dan melihat kita kompeten

Surianto Rustan
3 hours ago
tiap status pengerjaan hrs dikomunikasikan. ini penting supaya klien juga sadar bhw desain ga cuma visual belaka, tapi ada proses2 yg tidak instan

Janrico Renaldy Liando
3 hours ago
hmmm
ya, betul saya sudah bicaran tahapan dan cara kerja saya sebagai desainer sm klien pas brief awal. bearti saya harus infokan yah kalo saya sudah dapat datanya dan sekarang sedang memasuki proses selanjutnya
supaya klien tau proses saya sudah sampai dimana
bukan begitu pak?

Surianto Rustan
2 hours ago
betul! masalah klien adalah: mereka selalu gelisah, ini desainer kompeten ga sih? bisa ga sih rancangin logo gw? dll. jadi mereka hrs diyakinkan & ditenangkan hatinya: dengan selalu memberitahukan status pengerjaan desain yg kita lakukan. mirip update status fb
Janrico Renaldy Liando
2 hours ago
iya betul bgt bgt pak, saya setuju
grin
saya selalu follow up dia
status saya
makasih banyak pak
pencerahannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.