ULASAN FILM: FREE SOLO

Genre: documentary/sport
Tahun: 2018
Negara: Amerika Serikat

Penulis: Surianto Rustan
___

Seperti bertanding di olimpiade, tapi bedanya: kalau kalah, Anda mati! Dan betul-betul mati, bukan adegan film. Kalau sudah kebal film horor, coba nonton ini.

Free solo adalah pendakian (tebing) sendirian tanpa alat pengaman. Ini menuntut kesempurnaan si pendaki, cocok untuk Alex Honnold yang terobsesi pada kesempurnaan.

Obsesi kesempurnaan Alex bermula dari peristiwa masa kecilnya: perceraian kedua orang tua dan wafatnya sang Ayah. Kurang perhatian & kasih sayang diperparah oleh sifat Ibunya yang lebih suka mencela apapun yang ia lakukan.

Alex tumbuh menjadi seorang canggung & anti sosial, tapi perfeksionis soal panjat tebing. Ia mencatat tiap gerakan sepanjang jalur pendakian, mencoba mendaki dengan pengaman, mengevaluasi, lalu mengulang proses itu berkali-kali sampai sempurna.

Akhirnya tahun 2017 ia berhasil menjadi pemanjat free solo pertama di tebing El Capitan, California, setinggi 975,36 meter dalam waktu 3 jam 56 menit! Sebuah horor yang sempurna di dunia nyata.
_____

Kalau mau share konten ini, baik sebagian maupun seluruhnya boleh saja, asal menyertakan nama penulis & sumber bacaan. Terima kasih atas pengertiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.